Asal - Usul Desa Jeruju Besar Kecamatan Sungai Kakap Kabupaten Kubu Raya



''Sejarah ini diceritakan oleh Ayu Rahmadanti dan ditambah seperlunya tanpa mengurangi isi dari sejarah yang diungkapkan''.



Pada zaman penjajahan Belanda, banyak orang dari macam-macam daerah pergi meninggalkan kampungnya untuk pindah ke tempat yang lebih aman. Di antaranya, ada orang-orang dari Sulawesi dan orang Tionghoa. Semenjak itu, banyak yang datang ke kampung-kampung yang ada di daerah yang sekarang bernama Jeruju Besar itu.
Kemudian, seiring berjalannya waktu, semakin banyak orang yang tinggal di daerah tersebut. Lalu, timbullah inisiatif dari warga untuk memberi nama tempat tinggal mereka itu. Karena warga tidak tahu nama apa yang sebaiknya mereka berikan untuk daerah itu, mereka pun bertanya kepada seseorang yang terkenal bijak dan pintar yang bernama Haji Mahmud. Kemudian, beliau pun dijadikan ketua untuk membahas pemberian nama kampung itu.
Lalu, Haji Mahmud mulai memikirkan nama yang cocok untuk tempat tersebut. Ketika melihat keadaan di sekitar kampung, beliau sadar bahwa di sana banyak tanaman yang sama dengan tanaman pakis—daun dan batangnya berduri. Tanaman-tanaman itu ada di mana-mana; tumbuh rimbun dan besar. Nama tanaman itu adalah jeruju. Akhirnya Haji Mahmud memutuskan untuk menamai kampung itu Jeruju Besar.


EmoticonEmoticon