Asal - Usul Desa Sungai Rengas Kecamatan Sungai Kakap Kabupaten Kubu Raya


Tidak diketahui secara pasti tahun keberapa desa ini dibuka, tetapi dahulunya ada seorang keturunan Bugis Wajo yang merintis desa ini. Beliau dikenal dengan panggilan Puang Haji Akik. Nama aslinya, yaitu Haji Yakub. Bersama dengan sekelompok penduduk awal lainnya beliau mulai membuka lahan untuk pertanian dan pemukiman.
Awalnya, ketika desa ini mulai dirintis, penduduk asal ingin memberi nama desa ini dengan nama Desa Parit Haji Akik. Namun, Haji Akik menolak tawaran tersebut karena ia melihat banyak warga lain yang sama-sama merintis desa ini. Karena di tepian sungai terdapat banyak pohon rengas, penduduk awal bersama Haji Akik akhirnya sepakat untuk menamai desa mereka dengan nama Desa Sungai Rengas.
Catatan: Rengas adalah pohon yg merah kayunya, getahnya sangat tajam, jika getahnya tersentuh, dapat menyebabkan kulit melepuh, getahnya dapat juga dijadikan cat pernis atau minyak kayu. (KBBI)








''Sejarah ini diungkapkan oleh Bapak Abdul Syukur Ahmad (67) di Kecamatan Sungai Kakap. Direkam, diterjemahkan, dan ditambah seperlunya tanpa mengurangi isi dari sejarah yang diungkapkan''.




EmoticonEmoticon